Jumat, 06 Desember 2013

Roti coklat anti pegel



Roti anti pegel beneran ini..ga pake banting dan bikin berotot ....hehe
Setelah jadi saya langsung telpon mamah di Cirebon, klo deket pengen deh saya bagi... sementara sabar ya mamah saya bagi resepnya aja entar ...hehe
Jazakillah khair mamahku yang selalu support aq dalam segala hal ...muaach...

yu lanjutt cerita tentang per rotian   ...^_^
Semalam setelah liat postingan kk Nani saptina ,ttg resep roti anti pegelnya Jeany mega sari, kepikiran terus, pengen langsung praktek.Namun mata dan bodyku dah lelah, langsung bubu deh....
Eh kebangun bbrp kali lalu jam 1.30 bangun deh..setelah curhat dengan Allah, lanjut deh uprek didapur bikin roti, dengan bahan yang ada cuma 1/2 resep, bismillah. Lalu aduk2 aja pake kayu.masukin kulkas, bubu lagi..hehe

Nah dibawah ini hasil fermentasi yang kubuat  jam 2.30 pagi, dan ku keluarkan dari kulkas jam 11 siang


 Setelah dikeluarkan dari kulkas , lalu tunggu hingga suhu ruang kurleb 1 jam..., lalu aq bentuk sederhana aja rotinya dengan isian meses







Lalu oven 20 menit hingga matang..jangan lupa oles kuning telur yaa biar cantik hasilnya....


Untuk resep belum bisa saya tulis ya..karena linknya belum ketemu, juga buku catatan saya ketinggalan dirumah mba Hanny....hiks insha Allah kalo dah ketemu nanti saya ketik resepnya...

Ternyata setelah posting di FB banyak yang memberi komentar dan ada yg membantu menbri resepnya...

ROTI COKLAT anti pegel
resep asli Jeany Megasari

Bahan
480 gram tepung cakra dan segitiga biru ( 1:1)
3 butir telur kocok lepas
240 ml air hangat
1 sendok makan ferminpan
100 gram gula pasir
1/2 sdt garam halus
120 gram margarin cair



Kemarin aq pake 1/2 resep
Bahan
125 gram tepung cakra
125 gram tepung segitiga biru
1 butir telur kocok lepas
1sdm ferminpan
50 gram gula pasir
60 gram mentega cair
120 ml air hangat

Cara Membuatnya
1. tuang air hangat kedalam mangkok, masukan ferminpan dan gula pasir aduk menggunakan sendok kayu ,hingga gula larut
2.Tutup dengan kain bersih selama 5 menit dan sampai berbusa
3. masukan telur dan mentega cair aduk rata
4. masukan tepung sedikit demi sedikit terakhir masukan garam, aduk hingga rata menggunakan sendok kayu
5. siapkan wadah bersih oleh mentega/butter tuang adonan  kedalam wadah. lalu tutup dengan plastik wrap
6. masukan kulkas semalaman
7. keluarkan adonan dipagi harinya lalu biarkan kurleb 1 jan hingga suhu ruang
8. kempiskan adonan lalu bentuk sesuai selera dan beri isian, lalu diamkan selama 15 menit
9. panggang kurleb 20  menit hingga matang

Selamat mencoba










5 komentar:

  1. pakai suhu berapa mbak?klo aku buat roti isi kok selalu gak jadi ya?suhu udah coba antara 170-190c oven 25m tapi ketika matang dan saya coba berasa masih ada yang kurang matang, trus oven lagi..matang sih tapi jadinya keras :(..bagi tips dong bun..apa nunggu dingin dulu ya?

    BalasHapus
  2. Roshyidatul @ waduh...kalo ditanya suhu aq juga kurang paham, saya pake otang (oven tangkring) biasanya panaskan otang 10 menit dengan api biru/kecil, masukin yang mau dipangggang, tiap 5 /10 menit saya pindahkan dirak atas lalu turun ke rak bawah, begitu pula sebaliknya....

    BalasHapus