Selasa, 28 Oktober 2014

Abon Ikan & Cheese Cake







Alhamdulillah
kemarin mendapat kiriman kue cheese cake dr Dapur Omahans by mba Hanny, asli enak banget .....
juga bbrp waktu lalu sempat mencicipi abon ikannya Dapur Iksal by mba Ike ramayanti, mantep deh


Monggo jika mau pesan bisa silahkan ke beliau berdua ya... dijamin mantep buatannya....
jazakumullah khairan katsira...mba Hany dan mba ike



Seminar Bedah UKM service excellent


Alhamdulillah kemarin saya berkesempatan menghadiri Seminar Bedah UKM tema service excellent. Walau terlambat tapi saya masih bisa mengikuti apa yang disampaikan oleh ibu Mia. Sebagai pembicara pertama yang cantik dan bagus dalam memberikan materinya





yang kedua materi disampaikan oleh pa hanung pemilik Layah Watoe









Tapi sayang jam 11 siang saya harus pulang kerumah karena suamiku sakit jadi saya harus mengantar beliau ke RS, namun bersyukur banyak ilmu yang didapat dari sini..semoga bisa memberi inspirasi untuk teman2 pembaca setia la cuisine de lia...





Sabtu, 25 Oktober 2014

Seminar UKM Depok







Alhamdulillah
 Kamis 23 okt 2014 yang lalu saya menghadiri  seminarUKM Depok,
banyak sekali ilmu yang di dapat, saya pun banyak mendapatkan teman baru juga bertemu kawan2 lama saya, seperti bunda Peni pengusaha pakaian muslimah.
Pembukaan seminar ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, duh serasa gimana gitu yaa...dah lama banget aq ga nyanyi lagu kebangsaan ini. Suasana nya syahdu....
lalu seminar dibuka oleh wakil walikota Depok , dilanjutkan oleh jay Teroris seorang motivator yang menurut saya bagus banget, banyak hal diluar dugaan ...hehe intinya mah 'ketipu dan ilmunya ngena banget...hihi
beliau keren banget tenhnik marketingnya.... seperti foto dibawah ini... :D



 Dibawah ini saya share foto hasil seminar UKM Depok smoga  bermanfaat bagi teman2 yang ingin memulai maupun untuk teman2 yg ingin meningkatkan usahanya...semoga menginspirasi






























Rabu, 22 Oktober 2014

Kain Afrika



Bismillah
Alhamdulillah mendapat kiriman kain batik cantik dr abijan Afrika, oleh2 dr sahabat dumay Erika Sari .
Oleh2nya siy sudah lama, namun baru sempet motret dan belum juga dicuci kainnya ...hehe, maklum
emak2 rempong jiaah ngeles mulu, aslinya mmg males :P

Corak kain batik Afrika ini ada yg mirip2 dengan corak Indonesia. Tapi selebihnya corak kain batik ini 'rame, belum terbayang kalo kain ini dijadikan pakaian, mungkin harus dipadupadankan dengan kain polos ya supaya tetep cantik hasilnya.


Oiya..cuaca hari ini di depok sangat panas hingga malampun udaranya panas , hmm mulai musim kemarau,mudah2an Allah memudahkan saya untuk datang ke acara seminar UMKM besok...

terima kasih sudah berkenan mampir di blog ku...see u










 

Selasa, 21 Oktober 2014

MisRo en ComBRO

Bismillah

Misro

Bahan :
500 gram singkong parut peras airnya
1 sdt garam
50 gram gula merah sisir halus
minyak untuk menggoreng

cara membuat

1. campur singkong parut dan garam aduk rata, ambil 1 sdm singkong parut buat bulatan ditengah beri isian gula merah , bentuk bulat sisihkan, lakukan hingga habis\
2. panaskan minyak , goreng hingga kuning keemasan
3. angkat sajikan



.



Combro

Bahan
500 gram singkong parut peras airnya sisihkan
1/2 sdt garam
minyak untuk menggoreng
garam, gula pasir secukupnya
Isi
1 bh oncom haluskan

bumbu halus
4 bh rawit merah
4 bh cabe merah keriting
4 bh bawang merah
2 siung bawang putih

cara membuat :

1. isi . tumis bumbu halus hingga harum, masukan oncom aduk rata hingga matang, beri garam dan gula pasir, sisihkan

2. campur singkong dan garam aduk rata, ambil 1 sdm singkong parut pipihkan beri isian bentuk sesuai selera, lakukan hingga adonan habis

3. panaskan minyak, goreng hingga kuning keemasan
4. siap disajikan







Senin, 20 Oktober 2014

Keik Singkong


Bismillah




Mencoba membuat cemilan yang berbeda dari singkong, yaitu membuat cake tapi dengan metode sponge cake, ternyata hasil cakenya lembut dan kurang kokoh saat dipotong.Mungkin lain waktu aq kucoba dengan metode butter cake membuat olahan singkong ini, btw alhamdulillah cake ini tetep laris manis dirumahku... hehe


KEIK SINGKONG
 ala mamahnya aisy

Bahan 
100 gram singkong parut
4 sdm gula pasir
2 sdt coklat bubuk
1/2 sdt BP
2 butir telur
50 gram terigu
10 gram maizena
30 gram butter leleh
2 sdm susu kental manis(SKM)
Cara membuat :
1.a. campur singkong parut dengan SKM aduk rata, sisihkan
2. b. campur menjadi satu terigu, BP, dan maizena , sisihkan
3. kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan kaku dengan speed tinggi
4.lalu gunakan speed rendah masukan b lalu masukan butter
5. matikan speed masukan a aduk balik hingga merata
6. siapkan loyang yg telah dioles margarin dan dialas kertas roti oles lagi dengan margarin dan taburi tepung terigu hingga merata, masukan adonan
7. oven hingga matang









Buku Resep Jajanan Pasar Istimewa


Bismillah
Alhamdulillah puji syukur kepada Allah yang telah memudahkan saya menulis buku pertama

Untuk mamahku, ibu mertua, suami dan anak2ku juga saudara2ku , sahabat2 ku di dunia maya... Jazakumullah khairan katsira
  Jazakillah khair mba Ifah dr Re media, yang banyak membantu  saya menyelesaikan  buku pertama hingga buku ketiga. 
juga untuk yang telah membeli buku ini smoga bermanfaat.


Jika ada kekurangan dalam penulisan buku ini harap maklum karena saya baru dalam menulis buku ini. terima kasih semuanya....smoga berkenan
jika ada hal yang ingin ditanyakan bisa menghubungi saya ya....

Terima kasih






Minggu, 19 Oktober 2014

Telur Dadar



Bismillah...

Hari ini saya membuat sarapan dengan menu telur dadar, biasanya saya membuat telur dadar di wajan biasa, namun saya ingin membuatnya agak berbeda dengan wajan teflon ukuran 22 cm dengan menggunakan api kecil, sekedar ingin mengetahui tekstur dadar yang akan kudapatkan nanti.

Foto diatas adonan telur dadar menggunakan kol dan daun bawang saja  dan foto dibawah menggunakan tambahan tepung beras. Jika menambahkan tepung beras , tekstur dadar akan lebih padat , membayangkan telur dadar padang.





Resep Dadar Telur

bahan
3 butir telur ayam
3 batang daun bawang irirs tipis
1 lembar daun kol irir tipis
1/2 sdt garam
1/2 sdt saos tiram
2 sdm minyak goreng

bumbu ulek kasar :
4 butir bawang merah
2 bh cabe merah keriting
3 bh rawit

Cara Membuat
1, pecahkan telur dalam mangkok, beri garam, saos tiram, daun bawang, kol iris dan bumbu ulek kocok rata menggunakan garpu
2. panaskan wajan teflon minyak goreng, masukan adonan telur , gunakan api kecil tutup wajannya
3. jika telur telah mengembanag, balik  dan biarkan matang
angkat sajikan





 Dadar Telur Tepung beras

bahan
3 butir telur ayam
3 batang daun bawang irirs tipis
1 lembar daun kol irir tipis
1/2 sdt garam
1/2 sdt saos tiram
2 sdm minyak goreng
2 sdm tepung beras + 3 sdm air aduk rata

bumbu ulek kasar :
4 butir bawang merah
2 bh cabe merah keriting
3 bh rawit

Cara Membuat
1, pecahkan telur dalam mangkok, beri garam, saos tiram, daun bawang, kol iris dan bumbu ulek kocok rata menggunakan garpu, tambahkan cairan tepung beras, kocok rata.
2. panaskan wajan teflon minyak goreng, masukan adonan telur , gunakan api kecil tutup wajannya
3. jika telur telah mengembanag, balik  dan biarkan matang
angkat sajikan


Kue Kukus Tape tanpa Pengembang




Bismillah

Masih punya stok tape sebanyak 130 gram, tyt aq punya stok tepung beras, akhirnya aq berfikir membuat cemilan sore..ah yg simple aja..., tapi kali ini aq ga mau pake pengembang apapun...alami saja....ini hasil mengarang indah...hehe, abis lupa siy resep yg biasa kubuat.
Ternyata hasilnya agak mekar di bagian atasnya..karena tak pakai pengembang kue ini agak bantet namun rasanya tetep enak.


KUE KUKUS TAPE tanpa pengembang (Kue Mangkok tanpa pengembang)
ala mamahnya aisy


Bahan :
130 gram tape singkong haluskan buang seratnya
2 sdm tepung terigu
250 air
1 lembar daun  pandan
4 sdm gula pasir



Cara Membuat

1. masak gula, air dan daun pandan hingga gula larut, biarkan hangat
2. campur terigu , tepung beras dan tape, sambil masukan air gula yg hangat tadi
3.lalu aduk hingga merata, aduk 2 hingga 15 menit.
4. biarkan adonan mengembang hingga 1 jam lebih jg
5. siapkan  cetakan apem tanpa dioles apapun masukan adonan penuh
6. kukus dengan dandang yg tutupnya telah diialasi kain dengan api sedang.
7.angkat sajikan





Bihun Goreng Sayur


Bismillah


Ini masakan sederhanaku siang tadi....
Karena anak2ku kumpul semua termasuk yg dr ponpespun balik..so lumayan niy menguras tenaga untuk masak dan memasak lagi...maklum doyan makan semua...alhamdulillah.
Daripada ribet, cek stok di lemari, tyt ada bihun 2 kotak, ringan, waktu beli 1 kotak seribu rupiah... paling beratnya 2 kotak itu kurleb 100 gram..tapi kalo sudah di diberi air panas lumayan jadi 1 piring.... hihi...

Dan ternyata anak2 sudah menunggu.... huwaaa..emak rempong, masak dan nyupir...alias nyuci piring..:D

Ini resep buatanku ya..

BIHUN GORENG SAYUR
ala mamahnya aisy

Bahan
2 kotak bihun siram air panas biarkan 3 menit tiriskan biarkan selama 15 menit supaya matang

sayuran di potong2 :
daun bawang
kol
sawi hijau

bumbu halus :
6 siung bawang putih
1/2 butir kemiri

bumbu lainnya
kecap manis
saos tiram
 garam secukupnya
1 butir telur (lupa td ga pake)

Cara Membuat

1. tumis bumbu halus, hingga harum,, masukan sayuran aduk rata hingga layu, \
2, beri garam,kecap saus tiram, masukan bihun aduk rata diatas kompor hingga matang
3. angkat dan sajikan



Selamat mencoba...


STIKCIS

Bismillah...

Membayangkannya saja membuat stik ini malasnya minta ampun deh, karena harus menyiapkan tenaga saat menguleni juga saat menipispan adonannya....
Pernah 2 x aq bikin, namun hasilnya ya itu cape...mmg pilihannya mudah adalah membeli jadi aja, namun kan harganya lumayan ada barang ada harga...

Dan memang kebetulan hari kemarin, aisy meminta cemilan, maklum msh ada bekas luka cacar jadi belon boleh keluar rumah, juga aq pun demikian malas keluar rumah krn panasnya matahari sangat menyengat...

Akhirnya aq mulai membongkar lemari ..ahhaa ada keju edam 150 gram, ada stok tepung dan mentega...marii aisy kita buat stikcis.
Apaan siy mah stikcis itu ? tanya aisy
itu lho cemilan yg kriuk enak deh...yu..aisy catat resepnya ya...mamah mau mengarang indah...hehe

Nah aq meminta aisy menakar adonan sambil mencata resepnya...aq siy pernah baca resepnya di wall fbku, hanya lupa takarannya... makanya sekarang aq pakai ilmu kira2 saja, alhamdulillah hasilnya tidak mengecewakan.....

Dan dibawah ini aq membuatnya tanpa menggunakan ampia, karena malas bongkar dan membersihkan ampianya...,jadi aq buat simple aja, dgn digiling tipis dengan roll kayu, lalu iris2 deh...:D

Yang kubuat ini lumayan cepet lho temans..30 menit juga udah jadi, yaa itu siap2 saja tenaga untuk menggiling dan mengirisnnya.. kalo ga mampu bikin mending beli aja banyak kok yg jual...haha




STIKCIS

ala mamah Aisy hasil mengarang indah :D

30 gram keju edam parut
250 gram tepung protein sedang
1 butir telur
76 gram margarin
4 sdm air  ( aq pake air galon)
1/2 sdt garam ( aq ga suka asin)

Cara Membuat :

1. Dalam wadah besar masukan terigu beri lubang ditengahnya masukan telur, lalu aduk rata,
2. tambahkan garam dan margarin uleni hingga tercampur rata
3. tambahkan air uleni /aduk hingga adonan kalis (tidak menempel ditangan)
3. bagi adonan menjadi 5 bagian, 1 bagian pertama giling tipis dengan roll kayu, jangan lupa taburi tepung terigu supaya tidak menempel , tipiskan sesuai selera
4. lalu dengan menggunakan penggaris iris , sesuai ukuran yg diinginkan, yaitu memanjang seperti stik. lalu pindahkan ke wadah datar, laukan hingga adonan habis
5. Panaskan minyak goreng dengan api kecil, goreng hingga kuning kecoklatan , jangan sering di bolak balik ya.. cukup 2 x saja, angkat dan tiriskan
6. Siap disajikan


Smoga menginspirasi....


Keik Tape


Bismillah

Terinspirasi postingan mak Suzan Daulay teman fbku, bbrp hari yang lalu tentang cake tape keju.Sempat kubaca dengan detil resepnya dan dari resep tersebut sudah terbayang cakenya enak dan lembut.
Lalu ku coba membuatnya , kebetulan pedagang tape lewat dan sempat membelinya walau tidak banyak, cek en ricek lemari tyt bahan2 kue telah tersedia, nah waktunya baking....upppss
aq lupa mencatatnya dan sesaat ku buka fb by hp ga bisa..huhu nangis bombay deh.

Lalu kuingat2 detil resepnya dan menyesuaikan bahan2 yg ada dirumah....
Dan ternyata hasilnya lembut dan laris manis...hehe
mak Suzan Daulay tenkiuuu.......

dibawah ini aq mau share resep Keik Tape buatan ku..., secara bahan bahannya hampir sama dengan yg mak Suzan share, tapi dari segi takaran berbeda. Ini saya tulis sebagai dokumen pribadi.
oiya..setelah keik ini jadi tyt aisy suka banget..krn lembut..lagi dan lagi...alhamdulillah..:)

KEIK TAPE
ala mamahnya aisy hasil mengarang indah :D

Bahan
2 butir telur
4 sdm gula pasir
100 gram tape singkong haluskan
2 sdm SKM
60 gram tepung terigu
10 gram tepung maizena
35 gram margarin cair
1/4 sdt BP
35 ml santan siap pakai ( saya pake kara)

Cara membuatnya
1. a. haluskan tape tambahkan maizena aduk merata
2.b. dalam wadah lain , campur terigu maizena, dan BP
3. kocok telur dan gula hingga mengembang dan putih gunakan speed tinggi
4.rendahkan speed, masukan a hingga tercampur rata , tambahkan b. setelah tercampur rata masukan margarin cair, matikan speed
5. aduk merata
6. siapkan loyang yg telah dioles margarin dan diialasi kertas roti oles lagi taburkan tepung  1 sdm hingga merata keseluruh loyang, masukan adonan
7. Oven hingga matang
8. angkat sajikan





Smoga menginspirasi

















Kamis, 16 Oktober 2014

Menikmati Teh Hijau



Assalamu'alaykum temans....










Sore tadi iseng bikin cemilan roti ala pizza yg bentuk nya digulung, sambil mencicipi teh hijau  oleh2 dr mba Mai .
Awal2 saya menikmati teh ini ada rasa pahit , krn  belum familiar dilidahku....
ternyata cara menikmati teh hijau ini..dengan menambahkan gula untuk rasa manisnya...dan alhamdulilllah tyt nikmat dinikmatinya...





Ternyata manfaat teh hijau itu bagus ya untuk kesehatan

ini niy saya copi dr http://majalahkesehatan.com/10-manfaat-kesehatan-teh-hijau/
untuk lebih lengkapnya bisa baca link diatas ya...

10 manfaat teh hijau

1. Mengurangi resiko penyakit jantung
2. membantu melawan kanker esofagus dan kandung kemih
3. Mengurangi kolesterol dan tekanan darah
4. Mengurangi depresi dan stress
5. Meningkatkan konsentrasi belajar
6. Meningkatkan kualitas hidup penderita kanker
7. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
8. menguatkan tulang
9.Membantu menurunkan berat badan
10.Mengurangi resiko kanker usus pada wanita






Martabak Mini


Bismillah...
Temans.....
Lagi lagi saya selalu membuat sesuatu itu dengan mengarang indah...berniat memberikan cemilan untuk Aisy yg saat ini masih sakit cacar, tyt gagal temans...
Kebiasaan buruk niy...setiap liat resep hanya bermodalkan daya ingat giliran bikin lupa dah....haha

Tyt hasil mengarang indah ini salahnya adalah tidak menambahkan ferminpan pada adonan, namun hanya menambahkan BP saja...namun walau agak gatot, custumen setiaku yaitu anak2 yg kusayangi sangat antusias memakannya...bahkan...ditambahkan meses yg banyak...akhirnya..tetap laris manis....alhamdulillah...



Abaikan penampilannya..yang penting adalah rasanya yang lekker...:)




Sekian dulu cerita saya hari ini....tentang kue martabak gatot...:D

Roti ala Pizza


Sudah 2 hari ini aq sedang mood bikin roti ala pizza,, dr resep asal cemplung, plus intip resep tapi lupa catat plus hasilnya jadi mengarang indah....haha
Tapi apaun resepnya dan bentuknya...yang pasti custumer setiaku...adalah anak2 dan suami tercintah..suka dan selalu habis disantap...haha, laper apa doyan yah.....



Untuk topping suka2 aq , karena sesuai stok dirumah, kebetulan masih ada sisa mayo, saos tomat, dan daging asap sisa orderan amris.. jadi bisa dipake deh..., kalo resep seadanya ya..sbb, ini hasil mengarang indah...mmg enaknya disantap saat panas, kalo dah lama ya alot..hihi

Tapi gpp deh aq share sekali ini hasil uji coba ku...

Roti ala Pizaa alias pizaa abal2
karya : mengarang indah... :D

Bahan
250 gram terigu prot tinggi
1 sdm peres ferminpam
180 ml air hangat
1 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
1 sdm minyak goreng

Cara Membuat
1. siapkan air hangat beri gula pasir, ferminpan aduk rata biarkan berbusa ( lupa berapa lamanya yah..mgkin sekitar 30 menit krn aq sambil masak hehe :P)

2. setelah berbusa masukan terigu sedikit demi sedikit aduk denga sendok kayu hingga adonan bisa dibulatkan lalu tambahkan garam dan minyak goreng uleni ringan dengan tangan hingga tercampur rata, (adonan agak lengket)

3. bulatkan adonan, siapkan wadah oles dengan minyak goreng, taruh adonan dan tutup dengan kain lembab biarkan mengembang 2 x lipat ( kyknya tadi sampe 1 jam lebih deh...hehe, lupa liat jam)

4. setelah mengembang kempiskan. dan bagi adonan sesuaii selera beri topping sesuai selera juga yah
5. oven dengan suhu tinggi aq pake otang , selama 20 menit

angkat sajikan hangat...

resep ini boleh dicoba boleh ga ya.... khawatir yg nyoba nyesel... hihihi. maaf jika kurang berkenan dengan resepnya..maklum amatiran bukan suhu...harap maklum..:D