Kamis, 13 November 2014

Bubur kacang Hijau



Bulan November mulai masuk musim hujan , karena dipagi hari hingga siang panas matahari sangat terik hingga tiba2 saja mendung dan hujan deras....sampai cucianku 3 hari ga kering2, huhu.
Btw harus bersyukur karena hujan itu adalah rahmat dari Allah.

So sambil liatin hujan mending buat cemilan burjo alias bubur kacang hijau, gampang banget deh bikinnya, yang pasti murah meriah dengan bahan yang ada dirumah.Tak di sangka Aisy doyan banget sama burjo, sampai nahbah berkali2 ck ckck, laper ya neng...hehe





Bronis



Mendadak aq mood banget ya bikin bronis karena akan berkunjung ke Bogor dalam rangka silaturahim dengan sepupuku...
Bongkar lemari, iseng cari resep by google lalu dimodif sesuai bahan yang ada .. lets go


Bronis

Bahan
6 butir telur
250 gram gula palem
200 gram gula pasir
200 ml minyak goreng
100 gram coklat DCC lelehkan
400 gram terigu
50 gram coklat bubuk
Taburan :
chips jagung secukupnya/chocochips/keju parut


Cara membuat :
1. kocok telur, gula palem, gula pasir hingga larut, masukan tepung terigu, coklat bubuk. aduk rata
2. tambahkan DCC leleh dan minyak goreng, aduk rata
3. Siapkan lyang yang dialasi kertas roti, taruh adonan ke loyang, beri taburan, oven 30 menit hingga matang
4.Siap disajikan






























Interfood 12-11-2014


Alhamdulillah akhirnya saya diperkenankan untuk pertama kalinya datang ke Interfood di kemayoran bersama teman2 Depokers.
Serru mendapatkan pengalaman baru, yaitu kursus gratis dari chef chef yang ada di setiap stand juga gratis icip2 dr hasil demo chef...lumayan kenyang juga..hehe

ini saat demo roti prancis



Demo ganache

Demo bunga coklat


Senin, 03 November 2014

TALENAN




Belajar motret lagiii
walau hasilnya belum memuaskan dikarenakan lensa kit yg pas pasan....hihi
Alhamdulillah nambah paham bagaimana setting kamera secara manual




Fotoku



Kemarin saya menemukan foto dibawah ini, ternyata saya sangat hapal dengan hasil jepretan saya yg sebelah kiri foto, jelas banget croppingnya



Nah yang dibawah ini foto karya saya tahun lalu saat membuat Nugget Tuna, olahann saya sendiri.





Disini di blog pribadi saya , saya amat sangat kecewa bagi siapapun yg dengan sengaja, mengambil foto saya tanpa ijin saya, apalagi foto yg digunakan tsb untuk bisnis.

terima kasih untuk teman baikku yg sudah memberi tau dari mana foto tsb didapat...dan saya memaklumi posisi teman baikku ini...Smoga kejadian ini tidak terulang lagi








Selasa, 28 Oktober 2014

Abon Ikan & Cheese Cake







Alhamdulillah
kemarin mendapat kiriman kue cheese cake dr Dapur Omahans by mba Hanny, asli enak banget .....
juga bbrp waktu lalu sempat mencicipi abon ikannya Dapur Iksal by mba Ike ramayanti, mantep deh


Monggo jika mau pesan bisa silahkan ke beliau berdua ya... dijamin mantep buatannya....
jazakumullah khairan katsira...mba Hany dan mba ike



Seminar Bedah UKM service excellent


Alhamdulillah kemarin saya berkesempatan menghadiri Seminar Bedah UKM tema service excellent. Walau terlambat tapi saya masih bisa mengikuti apa yang disampaikan oleh ibu Mia. Sebagai pembicara pertama yang cantik dan bagus dalam memberikan materinya





yang kedua materi disampaikan oleh pa hanung pemilik Layah Watoe









Tapi sayang jam 11 siang saya harus pulang kerumah karena suamiku sakit jadi saya harus mengantar beliau ke RS, namun bersyukur banyak ilmu yang didapat dari sini..semoga bisa memberi inspirasi untuk teman2 pembaca setia la cuisine de lia...





Sabtu, 25 Oktober 2014

Seminar UKM Depok







Alhamdulillah
 Kamis 23 okt 2014 yang lalu saya menghadiri  seminarUKM Depok,
banyak sekali ilmu yang di dapat, saya pun banyak mendapatkan teman baru juga bertemu kawan2 lama saya, seperti bunda Peni pengusaha pakaian muslimah.
Pembukaan seminar ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, duh serasa gimana gitu yaa...dah lama banget aq ga nyanyi lagu kebangsaan ini. Suasana nya syahdu....
lalu seminar dibuka oleh wakil walikota Depok , dilanjutkan oleh jay Teroris seorang motivator yang menurut saya bagus banget, banyak hal diluar dugaan ...hehe intinya mah 'ketipu dan ilmunya ngena banget...hihi
beliau keren banget tenhnik marketingnya.... seperti foto dibawah ini... :D



 Dibawah ini saya share foto hasil seminar UKM Depok smoga  bermanfaat bagi teman2 yang ingin memulai maupun untuk teman2 yg ingin meningkatkan usahanya...semoga menginspirasi






























Rabu, 22 Oktober 2014

Kain Afrika



Bismillah
Alhamdulillah mendapat kiriman kain batik cantik dr abijan Afrika, oleh2 dr sahabat dumay Erika Sari .
Oleh2nya siy sudah lama, namun baru sempet motret dan belum juga dicuci kainnya ...hehe, maklum
emak2 rempong jiaah ngeles mulu, aslinya mmg males :P

Corak kain batik Afrika ini ada yg mirip2 dengan corak Indonesia. Tapi selebihnya corak kain batik ini 'rame, belum terbayang kalo kain ini dijadikan pakaian, mungkin harus dipadupadankan dengan kain polos ya supaya tetep cantik hasilnya.


Oiya..cuaca hari ini di depok sangat panas hingga malampun udaranya panas , hmm mulai musim kemarau,mudah2an Allah memudahkan saya untuk datang ke acara seminar UMKM besok...

terima kasih sudah berkenan mampir di blog ku...see u










 

Selasa, 21 Oktober 2014

MisRo en ComBRO

Bismillah

Misro

Bahan :
500 gram singkong parut peras airnya
1 sdt garam
50 gram gula merah sisir halus
minyak untuk menggoreng

cara membuat

1. campur singkong parut dan garam aduk rata, ambil 1 sdm singkong parut buat bulatan ditengah beri isian gula merah , bentuk bulat sisihkan, lakukan hingga habis\
2. panaskan minyak , goreng hingga kuning keemasan
3. angkat sajikan



.



Combro

Bahan
500 gram singkong parut peras airnya sisihkan
1/2 sdt garam
minyak untuk menggoreng
garam, gula pasir secukupnya
Isi
1 bh oncom haluskan

bumbu halus
4 bh rawit merah
4 bh cabe merah keriting
4 bh bawang merah
2 siung bawang putih

cara membuat :

1. isi . tumis bumbu halus hingga harum, masukan oncom aduk rata hingga matang, beri garam dan gula pasir, sisihkan

2. campur singkong dan garam aduk rata, ambil 1 sdm singkong parut pipihkan beri isian bentuk sesuai selera, lakukan hingga adonan habis

3. panaskan minyak, goreng hingga kuning keemasan
4. siap disajikan







Senin, 20 Oktober 2014

Keik Singkong


Bismillah




Mencoba membuat cemilan yang berbeda dari singkong, yaitu membuat cake tapi dengan metode sponge cake, ternyata hasil cakenya lembut dan kurang kokoh saat dipotong.Mungkin lain waktu aq kucoba dengan metode butter cake membuat olahan singkong ini, btw alhamdulillah cake ini tetep laris manis dirumahku... hehe


KEIK SINGKONG
 ala mamahnya aisy

Bahan 
100 gram singkong parut
4 sdm gula pasir
2 sdt coklat bubuk
1/2 sdt BP
2 butir telur
50 gram terigu
10 gram maizena
30 gram butter leleh
2 sdm susu kental manis(SKM)
Cara membuat :
1.a. campur singkong parut dengan SKM aduk rata, sisihkan
2. b. campur menjadi satu terigu, BP, dan maizena , sisihkan
3. kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan kaku dengan speed tinggi
4.lalu gunakan speed rendah masukan b lalu masukan butter
5. matikan speed masukan a aduk balik hingga merata
6. siapkan loyang yg telah dioles margarin dan dialas kertas roti oles lagi dengan margarin dan taburi tepung terigu hingga merata, masukan adonan
7. oven hingga matang









Buku Resep Jajanan Pasar Istimewa


Bismillah
Alhamdulillah puji syukur kepada Allah yang telah memudahkan saya menulis buku pertama

Untuk mamahku, ibu mertua, suami dan anak2ku juga saudara2ku , sahabat2 ku di dunia maya... Jazakumullah khairan katsira
  Jazakillah khair mba Ifah dr Re media, yang banyak membantu  saya menyelesaikan  buku pertama hingga buku ketiga. 
juga untuk yang telah membeli buku ini smoga bermanfaat.


Jika ada kekurangan dalam penulisan buku ini harap maklum karena saya baru dalam menulis buku ini. terima kasih semuanya....smoga berkenan
jika ada hal yang ingin ditanyakan bisa menghubungi saya ya....

Terima kasih






Minggu, 19 Oktober 2014

Telur Dadar



Bismillah...

Hari ini saya membuat sarapan dengan menu telur dadar, biasanya saya membuat telur dadar di wajan biasa, namun saya ingin membuatnya agak berbeda dengan wajan teflon ukuran 22 cm dengan menggunakan api kecil, sekedar ingin mengetahui tekstur dadar yang akan kudapatkan nanti.

Foto diatas adonan telur dadar menggunakan kol dan daun bawang saja  dan foto dibawah menggunakan tambahan tepung beras. Jika menambahkan tepung beras , tekstur dadar akan lebih padat , membayangkan telur dadar padang.





Resep Dadar Telur

bahan
3 butir telur ayam
3 batang daun bawang irirs tipis
1 lembar daun kol irir tipis
1/2 sdt garam
1/2 sdt saos tiram
2 sdm minyak goreng

bumbu ulek kasar :
4 butir bawang merah
2 bh cabe merah keriting
3 bh rawit

Cara Membuat
1, pecahkan telur dalam mangkok, beri garam, saos tiram, daun bawang, kol iris dan bumbu ulek kocok rata menggunakan garpu
2. panaskan wajan teflon minyak goreng, masukan adonan telur , gunakan api kecil tutup wajannya
3. jika telur telah mengembanag, balik  dan biarkan matang
angkat sajikan





 Dadar Telur Tepung beras

bahan
3 butir telur ayam
3 batang daun bawang irirs tipis
1 lembar daun kol irir tipis
1/2 sdt garam
1/2 sdt saos tiram
2 sdm minyak goreng
2 sdm tepung beras + 3 sdm air aduk rata

bumbu ulek kasar :
4 butir bawang merah
2 bh cabe merah keriting
3 bh rawit

Cara Membuat
1, pecahkan telur dalam mangkok, beri garam, saos tiram, daun bawang, kol iris dan bumbu ulek kocok rata menggunakan garpu, tambahkan cairan tepung beras, kocok rata.
2. panaskan wajan teflon minyak goreng, masukan adonan telur , gunakan api kecil tutup wajannya
3. jika telur telah mengembanag, balik  dan biarkan matang
angkat sajikan


Kue Kukus Tape tanpa Pengembang




Bismillah

Masih punya stok tape sebanyak 130 gram, tyt aq punya stok tepung beras, akhirnya aq berfikir membuat cemilan sore..ah yg simple aja..., tapi kali ini aq ga mau pake pengembang apapun...alami saja....ini hasil mengarang indah...hehe, abis lupa siy resep yg biasa kubuat.
Ternyata hasilnya agak mekar di bagian atasnya..karena tak pakai pengembang kue ini agak bantet namun rasanya tetep enak.


KUE KUKUS TAPE tanpa pengembang (Kue Mangkok tanpa pengembang)
ala mamahnya aisy


Bahan :
130 gram tape singkong haluskan buang seratnya
2 sdm tepung terigu
250 air
1 lembar daun  pandan
4 sdm gula pasir



Cara Membuat

1. masak gula, air dan daun pandan hingga gula larut, biarkan hangat
2. campur terigu , tepung beras dan tape, sambil masukan air gula yg hangat tadi
3.lalu aduk hingga merata, aduk 2 hingga 15 menit.
4. biarkan adonan mengembang hingga 1 jam lebih jg
5. siapkan  cetakan apem tanpa dioles apapun masukan adonan penuh
6. kukus dengan dandang yg tutupnya telah diialasi kain dengan api sedang.
7.angkat sajikan





Bihun Goreng Sayur


Bismillah


Ini masakan sederhanaku siang tadi....
Karena anak2ku kumpul semua termasuk yg dr ponpespun balik..so lumayan niy menguras tenaga untuk masak dan memasak lagi...maklum doyan makan semua...alhamdulillah.
Daripada ribet, cek stok di lemari, tyt ada bihun 2 kotak, ringan, waktu beli 1 kotak seribu rupiah... paling beratnya 2 kotak itu kurleb 100 gram..tapi kalo sudah di diberi air panas lumayan jadi 1 piring.... hihi...

Dan ternyata anak2 sudah menunggu.... huwaaa..emak rempong, masak dan nyupir...alias nyuci piring..:D

Ini resep buatanku ya..

BIHUN GORENG SAYUR
ala mamahnya aisy

Bahan
2 kotak bihun siram air panas biarkan 3 menit tiriskan biarkan selama 15 menit supaya matang

sayuran di potong2 :
daun bawang
kol
sawi hijau

bumbu halus :
6 siung bawang putih
1/2 butir kemiri

bumbu lainnya
kecap manis
saos tiram
 garam secukupnya
1 butir telur (lupa td ga pake)

Cara Membuat

1. tumis bumbu halus, hingga harum,, masukan sayuran aduk rata hingga layu, \
2, beri garam,kecap saus tiram, masukan bihun aduk rata diatas kompor hingga matang
3. angkat dan sajikan



Selamat mencoba...