Jumat, 25 Juli 2014

Wedang Secang





Bismillah....


Secang atau sepang (Caesalpinia sappan L.) adalah pohon anggota suku polong-polongan (Fabaceae) yang dimanfaatkan pepagan(kulit kayu) dan kayunya sebagai komoditi perdagangan rempah-rempah.
Tumbuhan ini berasal dari Asia Tenggara maritim (Nusantara) dan mudah ditemukan di IndonesiaKulit kayunya dimanfaatkan orang sebagai bahan pengobatanpewarna, dan minuman penyegar. Hingga abad ke-17 kulit kayunya menjadi bagian perdagangan rempah-rempah dari Siam dan Nusantara ke berbagai tempat di dunia. Ia dikenal dengan berbagai nama, seperti seupeueng (Aceh), sepang(Gayo), sopang (Toba), lacang (Minangkabau), secang (Sunda), secang (Jawa), secang (Madura), sepang (Sasak), supa (Bima), sepel(Timor), hape (Sawu), hong (Alor), sepe (Roti), sema (Manado), dolo (Bare), sapang (Makasar), sepang (Bugis), sepen (Halmahera selatan), savala (Halmahera Utara), sungiang (Ternate), roro (Tidore), sappanwood (Inggris), dan suou (Jepang).
Kerabat dekatnya yang berasal dari Amerika Selatan, kayu brazil atau brezel (C. echinata), juga dimanfaatkan untuk hal yang sama.
 http://id.wikipedia.org/wiki/Secang

Diatas adalah sekelumit keterangan tentang secang...

Nah kali ini saya akan berbagi ide mengolah secang. Seperti pada gambar diatas ..penampakan secang adalah berupa  kulit kayu...masuk kategori rempah.
Secang dapat diolah menjadi minuman hangat maupun minuman dingin....yang saya buat ini dapat disajikan hangat mudah dalm pengolahannya...tapi jika mau disajikan dingin...tinggal tambahkan es batu saja...mudahkan.... :)

Wedang Secang

Bahan :
secang ambil secukupnya
gula pasir secukupnya
air

Cara Membuatnya :
1. Rebus air dan secang hingga mendidih
2. masukan  gula pasir aduk hingga gula larut
3. siap disajikan.



Smoga menginspirasi..







Kastengel Tabur Keju



Bismillah...
Kastengel Tabur Keju ini salah satu varian jualan kue kering ku tahun ini yang banyak diminati...
karena rasanya ngejuuu banget dan pastinya lumer dimulut ,dan susah berenti lho...hehe, ini kesukaan aisy.

Alhamdulillah resep kastengel yg ngejuu ini kudapat dari grup chef depok yang dishare oleh mba Diana Sucipto penulis buku tumpeng modern. Dan pastinya yg kubuat sudah di modif ya.....

Dan yang akan ku share ini resep asli dari mba Diana Sucipto, beliau sangat baik hati  dan sudah mendapat ijin  dr mba diana.. smoga dgn resep ini menjadi ladang amal ya mba.....Jazakillah khair mba.....

Kastengel
resep diana sucipto

Bahan :
400 gram terigu
300 gr (150 gr margarin +150 gr butter)
200 gram keju parut (100 gr kraft + 100 gr edam )
2 kuning telur
2 kuning telur utk olesan

Cara Membuat :
1, aduk rata dengan sendok kayu/spatula kuning telur dengan margarin + butter
2. Masukan keju, aduk rata kembali
3. masukan tepung campur hingga rata
4. Cetak, beri olesan kuning telur dan panggang

selamat mencoba

Tips :

1. tidak perlu terlalu lama mengaduk adonan supaya tidak meleber
2. jemur atau angin anginkan keju yang sudah diparut selama 1-2 hari














Snack 200 box



Bismillah..alhamdulillah...mgg lalu saya mendapat orderan snack 200 box.
Awalnya diminta membuat snack kue sus, sosis solo , lontong dan bolkus gula merah....hmm tantangan banget..namun saya katakan saya ga snggup membuat kue sus khawatir kuenya ga ngembang... dan orderan sebanyak itu pertama x buatku.....

Akhirnya...ku ambil hanya 3 jenis kue saja, air kemasan, sosis solo dan bolkus mekar , dengan pertimbangan sosis solo bisa di frozen dan bolkus mekar bs dibuat sekitar 3 jam...padahal sosis solo itu belum pernah bikin lho...so nekad...hehe

Ya saya katakan setiap orderan masuk adalah suatu rejeki dan belajar. Belajar segalanya...
maklum saya baru banget niat usaha dibidang ini...
Dan saya selalu berdoa smga dimudahkan segalanya oleh Allah SWT yang memberi jalan rejeki ini....
Alhamdulillah persiapan sudah diselesaikan....dan 2 anakku yg membantu membentuk kotak 200 box...masyaa Allah anak2ku luar biasa sabar dan mau membantu ...terima kasih nak....

Alhamdulillah pengemasan dibantu anakku aisy...anak ini diam diam dalam puasanya membantu ku di saat saat 'genting....yaitu jam2 detlen pengepakan krn saya terserang kantuk yg sangat ingin tidur...alhamdulillah tepat jam 2 siang semuanya beres dan aq bs tertidur 30 menit,

Nah persoalannya berlanjut ketika melihat banyaknya kardus yg dipaking...bagaimana bawanya,,,,? hehe
walau sudah mintol teman baik untuk 'nebeng mobilnya...kira2 muatkah dengan membawa penumpang 4 orang..? akhirnya ku urungan niat nebeng mobil teman.

Alhamdulillah lagi2 saya bersyukur suami pulang cepat dan membawa mobil kantor...syukur alhamdulillah akhirnya 200 box masuk mobil hingga full teman teman.... saya dan aisy sampe mempet duduknya di jok depan...hehe...


Terselesaikan sudah tugas sore itu dengan tepat waktu...dan  menambah ilmu...
terima kasih suamiku dan anak2 juga terima kasih untuk bu dewi yg sudah mempercayakan orderannya padaku....tak lupa terima kasih juga untuk mba hanny asmarany yg sudah memberi masukan tentang cara membuat sosis solo...

** untuk resep sosis solo ncc ada di sini ya..http://dapureummuaisy.blogspot.com/2014/07/sosis-solo.html
**untuk resep bolu kukus gula jawa disini http://dapureummuaisy.blogspot.com/2012/03/bolu-kukus-gula-jawa.html





Kamis, 24 Juli 2014

Kacang Bawang



Bismillah....
Tentang Kacang bawang

Bbrp hari yang lalu saya dan anak2 iseng membuat kacang bawang...mulailah menelpon mamahku di Cirebon. Berbekal 1 kg kacang ku ikuti sesuai yg mamahku ceritakan di telpon.




Mulailah kacang di siram dengan air mendidih.....



lalu kupas kulit arinya dengan menggunakan kedua tangan...
Jangan dikira pekerjaan mengupas kacang ini mudah...sangat membutuhkan kesabaran, karena bisa memakan waktu 2 hingga 3 jam.....huwaaa...cape dan bosan ! mending bikin risol aja deh.....hehe





Lalu buat bumbu halusnya nya , yaitu 

1 sdm garam
6 siang bawang putih


lalu aduk rata 




Setelah itu tata dalam nampan dan jemur deh kurang lebih hingga bumbu menyerap....lalu goreng...tarrraaa....jadi deh...


Setelah ini ga mau bikin lagi...prosesnya lama dan menyita waktu , mending beli jadi aja....*kurang sabar

T_T




Mie Kuah Jawa



Bismillah....
Assalamuálaykum teman.... skr di bulan Ramadhan sudah memasuki malam ke 27, malam ganjil.
Sudah banyak diantara kita yg mulai mudik malah ada yg masih sibuk mempersiapkan baju lebaran...
Allah Maha Penyayang...smoga kami senantiasa diberikan kesabaran dan istiqomah menjalankan perintahNya.
Alhamdulillah ..anak2 ku semua berpuasa..juga aisy ini tahun ke 3 nya berpuasa..smoga hingga akhir ramadhan aisy tetep sehat dan kuat menjalani ibadah puasa ...aamiin

Kali ini saya ingin memberikan sedikit ttg menu makanan yg biasa saya sajikan untuk keluarga saya yaitu...
Mie kuah jawa... dinamakan itu karena bumbu masaknya sama dengan mie goreng jawa... enak banget disajikan  selagi hangat.

Cocok disajikan untuk sahur maupun saat beruka puasa....
mari simak resepnya dibawah ini.....:)

Mie Kuah Jawa

Bahan :
1 piring mie kering siap pakai  rebus sisihkan
2 batang  sawi hijau potong2
100 gram kol potong2
1 butir telur ayam
1 sdt garam ( secukupnya)
1 gelas air
1/4 sdt saos tiram
1/2 sdt lada bubuk
1/2 sdt kecap manis

Bumbu halus :
4 siung bawang putih
1/2 butir kemiri

Cara Membuatnya:
1.  tumis bumbu halus hingga harum, masukan telur lalu orak arik , beri air masak hingga mendidih
2. masukan mie, sawi , kol , masak hingga sayuran layu, beri garam, saos tiram,kecap manis, lada, aduk rata
3. Angkat sajikan hangat


**cocok disajikan dengan sambal maupun dengan tambahan acar timun


smoga menginspirasi








Pepes Tahu




Assalamuálaykum teman pembaca setia blog ku yang sederhana ini.....

sejak di 'vonis kolesterol,,, selama seminggu aq pusing memikirkan makanan yg harus ku makan, bayangkan aq jadi ga 'respek dengan minyak goreng atau makanan yg digoreng, padahal aq  penyuka gorengan. Denga kondisi demikian...maamah di Cirebon selalu menyemangatiku dan beliau berpesan jangan stres gegara kolesterol...santai aja liaa.....huwaaa mamah aq mau memelukmu jika dekat...beliau selalu baik padaku....*nangis

Akhirnya bbrp saran mamah kuturuti, menu2 yg biasa dirumah mulai dirubah kurangi minyak! dan gunakan minyak hingga 3 x pakai sisanya buang !
soo mmg harus dirubah.. cari minyak yg beniing banget, mahal dikit gpp yg penting aq bisa makan...:(

Nah foto diatas adalah salah satu menu andalan mengurangi kolesterol ...hmm pdhl..sering masak ya..hihi
yuu simak resepnya smoga menginspirasi"

Pepes Tahu

Bahan :
10 bh tahu kuning haluskan
5 lembar daun salam potong menjadi 10
1 butir putih telur
daun untuk membungkus

Bumbu halus:
2 bh cabe merah
3 bh cabe rawit
2 siung bawang putih
7 bh bawang merah
2 cm lengkuas
1 sdm garam
1 sdt gula pasir

Cara membuat
1. Adonan pepes : Campur bumbu halus dan tahu, aduk rata, tambahkan putih telur, aduk hingga merata
2. ambil selembar daun pisang, taruh selembar daun salam diatasnya  beri 1 sdm adonan pepes, lipat dan lakukan hingga adonan  habis
3. kukus selama 20 menit
4. angkat dan sajikan


selamat mencoba



Tumis Kikil



Assalamuálaykum teman.....

kali ini aq mau menampilkan beberapa resep memasak ala aq ya yang sangat sederhana.
Dengan contoh bahan masakan seperti diatas, dan kita bisa langsung mengekseskusinya....

mariiii....


Tumis kikil

Bahan :

1/4 kg kikil rebus selama 15 menit, angkat dan sisihkan potong sesuai selera
1 lembar daun salam
1 batang sereh
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 gelas air


Bumbu halus :

3 siung bawang putih
7 bh bawang merah
6 bh cabe merah keriting
1 butir kemiri

Cara Memasak

1. tumis bumbu hingga halus, masukan kikil , daunsalam, sereh,aduk rata
2. tambahkan 1 gelas air , beri garam dan gulpas.Biarkan meresap
3. Setelah matang angkat dan sajikan



Selamat mencoba..



Sosis Solo




Assalamu'alaykum teman.....
alhamdulillah mendapat pesanan banyak artinya aq dapat belajar memenej waktu, merencakan belanja , persiapan bahan baku dsb.
Beberapa hari yg lalu aq mendapat pesanan sosis solo, ini pertama kalinya saya membuat sosis solo.
Akhirnya aq mulai mencari resep dan saya hub kk Nani Saptina untuk berbagi resep sosis solo, alhamdulillah kk Nani mau berbagi. Coz aq juga sempat bertanya pada bu guru cantik mba Hanny, alhamdulillah juga  mba Hanny mau berbagi tips ttg sosis solo...
Terima kasih kk Nani Saptina dan mba Hanny A....

oke lah ..aq akan bagi resep sosis solo dr kk Nani yg resepnya di dapat dr NCC

Sosis Solo by NCC

Kulit :
100 gram terigu
3 btr telur
250 ml santan
1/2 sdt garam
1 sdm minyak goreng
 Cara Membuat ;
1. campur semua bahan menjadi satu, aduk rata, lalu saring adonan
2. Dadar tipis dengan api kecil, sisihkan

Bahan Isi
200 gram daging sapi cincang
75 ml santan
1 lmbr daun salam
garam, gula secukupnya
Bumbu haluskan :
2 btr bawang merah
2 butir bawang putih
1/2 sdt merica
1/2 sdt ketumbar
1 btr kemiri
Cara membuat

1. tumis bumbu halus hingga harum
2. msukan daging cincang dan daun salam, masak hingga berubah warna dagingnya.
3, Tambahkan santan, garam, gula, masak hingga air menyusut dan matang. sisihkan

Penyelesaian:
1. ambil selembar kulit beri 1 sdm isian lipat dan lakukan hingga adonan habis
2. celupkan kedalam kocokan telur goreng hingga kuning keemasan

** bahan celupan
1 butir telur kocok lepas




di bawah ini aq buat step by step nya...smoga bermanfaat untuk pembaca blog ku..:)

oiya.. yg aq buat disini adalah sosis sosi isi ayam suwir, menyesuiakan budget pemesan
**pertama  aq buat dadarnya dulu dengan menggunakan pan maxim 20 cm
**kedua aq buat isiannya
** ketiga aq gulung deh lalu frozen, karena digunakan 2 hr ke depan






200 pcs sosis solo frozen


Snack box





alhamdulillah..hari ini mendapat pesanan snack box dari teman...kebetulan sekali stok di kulkas ada...jadi bisa dibuat dlm waktu bbrp jam

Snack box harga 10 ribu
bolu kukus mekar
lemper isi abon sapi
puding telor ceplok
American risoles


pemesanan untuk wilayah Depok
 087880987810








Rabu, 23 Juli 2014

Nastar Keju




beneran wangiii kejuuu......dn lumer dimulut...hhehe

JUALAN CRAFT (bandana dan bros)



Assalamuálaykum teman...

ada produk baru niy yg ku jual online by FB, en ini produk dr 7 éme idea buatan sahabatku di dumay Erika Sari .produknya diimpor langsung dr Abijan Afrika...hihii...sekarang produknya sudah ada dirumahku...bagi yang berminat bisa langsung inbox fb aq ya.....
atau sms 087880987810


Bros cantik uk diameter 7 cm  harga 40 ribu



Bros uk diameter 9 cm harga 65 ribu



Bandana  bunga tunggal
u/ balita dan anak
harga 40 ribu





Bandana bunga banyak 
u/ balita dan anak
harga 40 ribu



yang mau kompakan  ..... :D

unguuu


kompakan orange



kompakan pink.




kompakan biruuu....


Cireng bumbu rujak





ini pesanan dadakan dr mba Diana, so bbrp teman memesan risol mini dn risol uk biasa...alhamdulillah barokah, walau sebelumnya pernah ada yg pesan namun sempat dibatalkan. rejeki Allah Maha Luas dan risol yg dibatalkan akhirnya ada yg membelinya... so jangan putus asa dengan rahmat Allah ya kawan....:)




















Donat Tanzhong



Assalamuálaykum teman blogger.....

Wow mantep ga seh...hehe..jiaaah penuh perjuangan diriku membuatnya....*maklum pemula newbe
Ini pesanan perdana 70 donat topping coklat leleh  dan 60 pcs risol mini..total pembuatan donat nya hingga 120 pcs donat...lebih ?
iyyaa...karena sempet ada donat yg kurang mengembang jadi bikin lagiiii....huwaaa
Maklum cuaca hari itu sangat dingin dan gerimis.....semua kukerjakan sendiri dengan tenaga lenganku yg kini mulai berotot ..hehe


Alhamdulillah Allah menolongku...semua kelar pada waktunya...dan setelah berbuka puasa baru deh nyadar badan peugeul semua....hahah * lupa minum obat
esok harinya bener2 istirahat total...:D

sekian ceritaku ttg made by order...




Selasa, 22 Juli 2014

Donat Kentang



Assalamuálaikum teman semua nya.......kangen lama ga ngeblog..... 
Alhamdulillah hari ini aq diberi sehat dan kemudahanan dalam banyak hal oleh Allah...
begitupula dengan kegiatanku yg hari rampung menyelesaikan outline serba kelapa...mudah mudahan mendapat kabar baik yaaa..... aamiin

Oiya... sempat awal puasa yg lalu aq sakit setelah seminggu full nguli....hihi, alhamdulillah Allah Maha Penyayang... mengingatkanku kalo aq dah umur lho...tua nkali yaa.. *jujur
Kolesterolku tinggi ...huwaa diet deh...tapii aq masih bandel niy kalo maem...abis...pesenankue enak2 ga abar daku mencicipinya.....hihi


oiya... foto diatas adalah waktu membuat pesanan donat. Nah awal awalnya aq coba bbrp resep dl supaya pas hari H nya aq siap...dan ternyata donat kentang mengandung banyak minyak... cakep siy adonannnya...tapi itu mengandung minyak berlebih...hiks *kolesterol







percobaan ku ini hingga 500 gram adonan...dan ada yg masih ku simpan di freezer..
hasil akhirnya tetep bagus teman...
Nah bagi yang ingin  mencoba usaha frozen donat bisa niy dicoba...

ini Resep Donat Kentang
by Nani Saptina
modifikasi la cuisine de lia

Bahan:
Tanzhong :
25 gram terigu prot tinggi
150 ml air

Cara membuatnya :
Campur adonan tanzhong aduk rata, lalu masak di atas kompor dengan api kecil hingga merata dan kesat. angkat dan sisihkan biarkan hangat

Bahan Utama :
300 gram kentang kukus haluskan selagi hangat dan biarkan dingin
300 gram terigu prot tinggi/ cakra
200 gram terigu segitiga biru
1 bungkus ragi /ferminpan
50 gram susu bubuk
100 gram gula pasir
100 gram mentega tawar
1/2 sdt garam
4 butir kuning telur
120 ml air dingin


Cara Membuat:
1. campur terigu, ragi, susu bubuk aduk rata
2. tambahkan kentang dan kuning telur, aduk rata hingga berbutir butir
3. masukan tanzhong dan air es, uleni hingga kalis
4. masukan garam dan mentega, uleni hingga kalis elastis
5. Diamkan selama 30 menit atau adonan hingga mengembang 2 x lipat.
6. kempiskan adonan bagi sesuai selera, aq bagi 30 gram bentuk bulat
7. diamkan selama 15 menit dan lubangi tengahnya mengunakan sumpit dan jari telunjuk, diamkan 15 menit
8. goreng hingga kuning ke emasan

*** Topping sesuai selera






terima kasih teman sudah mampir di blog ku....:)