Kamis, 08 Januari 2015

Makan siang hari ini




Bismillah


Makan siang ini yg gampang dan hemat sesuai stok bahan yang ada dirumah, ada sayur sawi putih dan pokcoy.




Aku masak tumis aja dengan bawang putih dan bawang bombay, simple dan mudah



Dan kentang kujadikan perkedel kentang, so dibantuin Aisy ngupas kentangnya...hehe




dan sambal mentah alias sambal goang yaitu cabe mentah + terasi+gula merah+garam ulek deh ,lumayan pedasnya...hehe *hemat cabe, cabe lagi mihil :D




Nah yang pengen tau BTS (behind the scene ) kali ini aq share ya contekannya smoga menginspirasi
Aq motretnya di dekat pintu keluar rumah, ga pake meja, karena props kayunya berat khawatir meja kacaku pecah..hehe






Selamat mencoba





Asinan Buah dan Sayuran




Bismillah

Gegara liat postingan jeng Maulia Rachmi, teman fbku, jadi deh tertarik membuat asinan, kebetulan dirumah ada bahan2nya hanya membeli nanas saja.

Setelah jadi langsung deh jeprat jepret, menjadi objek fotoku. Wah seneng banget latihan kali ini lumayan lah utk pemula sepertiku.
Kali ini aq motretnya diteras rumah dengan alas kayu beneran lho ya....hehe
Tak terasa habis jepret berasa olah raga , berkeringat basah bajuku, belon lagi bolak balik ganti props, salah letaknya, balik lagi, muter lagi...hihi bener2 jadi olahraga  :D
Tak lupa merapikan semua peralatan tempurnya belon lagi remahan daun2 dll.
Tapii menurutku masih belum bisa membuat style foto yang berantakan, masih kurang greget gitu.
Nanti deh aq coba lagi











Oiya resep asinan ini mudah banget

ASINAN BUAH SAYUR
ala la cuisine de lia

Bahan

1 buah nanas kupas potong kecil
50 gram toge
50 gram kol iris tipis
1/4 kg mentimun potong kotak
1/2 kg bengkuang potong kotak
gula merah secukupnya
sedikit terasi
7 bh cabe merah keriting
1 sdt garam
air secukupnya
cuka secukupnya

Cara membuat :

1. cabe , gula merah dan terasi ulek kasar, masukan ke dalam panci, beri air masak hingga mendidih,
2. beri garam, dan cuka, cicipi sesuai selera
3. biarkan hangat
4. masukan buah2an dan toge juga kol, aduk rata
5. masukan kulkas
6. sajikan dingin






**Asinan in the jar


Sebagian aq masukan freezer, dan siap disantap kapanpun hehe






Selamat mencoba teman...






Semoga menginspirasi












Rabu, 07 Januari 2015

Merapikan Bumbu Dapur



Bismillah

kegiatan Aisy hari ini membantu mamah merapikan bumbu dapur, dengan menggunakan stok botol plastik yang baru maupun sisa pakai, Aisy merapikan bumbu dapur sesuai dengan namanya.
Pastinya Aisy mencoba satu per satu bumbu tsb dengn penciumannya, dan membedakan bentuk satu dengan lainnya...
Ternyata membuatnya senang, sambil menulis dan merekatkannya. Mamah hanya menginstruksikan nama dan bentuk bumbunya saja...
Alhamdulillah sekarang bumbu nya rapi di tempatnya masing2...










Jazaakillah Aisy sudah membantu mamah....  :)












Backdrop




Bismillah

Haloo pecinta food photography...
Sekarang ada backdrop  yg bisa di printing sendiri...
Beberapa waktu lalu saya coba printing ini, dan ada bbrp teman yg menanyakannya
Alhamdulillah bisa menghemat , ga perlu bongkar pasang kayu lagi....:D
So ini pun kudapat dari salah satu sahabatku yang baik.
 nah kini akan ku bagi link yang free smoga teman2 semua terbantukan ya..

http://www.rgbstock.com/images/wood

http://www.rgbstock.com/images/wood/4


http://freestocktextures.com/texture/id/684



Atau teman2 juga bisa menggunakan bahan vinyl untuk backdrop nya..seperti link dibawah ini

http://ashleemarie.com/photography-backdrops-vinyl-placemats/


Dan yang minat belajar motret dan liat behind the scene,bisa lihat dipinterest aq ya...silahkan follow pinterestku .
insyaAllah bagus2 bts nya, mari belajar food photography bareng-bareng ya...

http://www.pinterest.com/dapureummuaisy/belajar-motret/





Semoga bermanfaat







Kostum Luar Angkasa




Bismillah

Foto ini adalah foto lama saat Aisy kelas 1 ketika mengikuti kegiatan di Sekolah Alam Depok dalam rangka memperingati hari bumi.

Anak2 mengenakan kostum  benda2 luar angkasa dari barang bekas. Sangat kreatif ya...
Semoga menginspirasi





Selasa, 06 Januari 2015

Lele Bakar

Bismillah


Harap maklum ya teman fotonya buru2 karena hari sudah redup menjelang maghrib, mempersiapkan makan malam dengan ikan lele bakar.Mana perutku dah lapar juga...hehe
Mantap deh makan malam dengan ikan lele bakar yang disajikan dengan nasi hangat dan sambal...

Alhamdulillah, semuanya dikerjakan sendiri dengan dibantu aisy, mulai dr membuat arang bakarnya hingga lele siap disajikan. Pengalaman baru untukku...terima kasih neng Aisy sudah bantu mamah sore ini...muaach


**resep sama dengan ikan bakar bawal

linknya disini ya :http://dapureummuaisy.blogspot.com/2015/01/ikan-bawal-bakar.html

Jagung Bakar



Bismillah

Iseng sore2 bikin jagung bakar, setelah bakar ikan lele lnjut bakar jagung
Resep bakar jagung dapat dr tetangga baikku bu Eva
Caranya jagung yg telah dikupas kulitnya olesi dengan bawang puith yg telah dihaluskan
Laluolesi lagi dengan mentega, bakar bolak balik oles lagi dengan mentega
hingga matang.
Angkat sajikan panas...ga cukup satu...hehe






Senin, 05 Januari 2015

Kukus Ketan Hitam Coklat - Free Gluten



Bismillah

Resep saya modifikasi dari http://www.sajiansedap.com/recipe/detail/2279/bolu-kukus-ketan-hitam#.VKuEGyuUeDY
Dan setelah kue matang saya beri celupkan pada lelehan coklat . Bolu kukus ketan hitam ini makin legit dan tetep lembut.

Kukus Ketan Hitan Coklat -free gulten
modifikasi la cuisine de lia


Bahan
2 telur
65 gula pasir
75 gram tepung ketan hitam
1/2 sdt SP
75 ml minyak goreng
100 gram coklat leleh

Cara Membuat

1. mix telur , gula pasir,dan SP hingga adonan mengembang
2.masukan tepung ketan hitam aduk merata dan masukan minyak goreng , aduk rata.
3. Siapkan loyang ,dialasi kertas roti dan dioles minyak, masukan adonan dan kukus selama 20 menit
4.Setelah matang dan dinginkan, bentuk sesuai selera ,celupkan dengan coklat leleh
5. siap sajikan




***saat mengukus, alasi tutup dandang dengan kain, dengan api sedang cenderung kecil







Smoga menginspirasi











Minggu, 04 Januari 2015

Ayam Saos Tiram




Bismillah


Masih ngantuk, saat memasak ayam saos tiram ini, maklum tidur siangnya ayam ayaman alias bubu siang yang nyenyaknya sebentar saja , hanya menghilangkan rasa kantukku saja.
Kubuka kulkas ternyata masih ada stok daging ayam, alhamdulillah 
Lalu kuracik dan memasak secepat kilat untuk makan sore anak2ku
ternyata buka magic com nasi nya habis....olala
hiks maaf ya anak2ku..sabar mamah masak nasi dulu

ini resep kilat ayam saos tiram ala la cuisine de lia

AYAM SAOS TIRAM

BAhan:

Dada ayam fillet
3 siung bawang putih cincang halus
1 buah bawang bombay iris 
saos tiram secukupnya
lada bubuk secukupnya
kecap manis secukupnya
1/2 sdt garam
1 gelas air
2 bh cabe hijau iris serong
1/2 sdm terigu cairkan dengan 1 sdm air

Cara membuat :

1. goreng hingga setengah matang dada ayam nya angkat dan tiriskan
2. dalam wajan lain tumis bawang putih dan bombay hingga layu
3. masukan ayam dan air, beri saos tirm, garam, lada bubuk,kecap manis secukupnya masak hingga airnya berkurang
4. beri cairan terigu, aduk rata hingga mengental
5. tes rasa, masukan cabe aduk sebentar , angkat dan sajikan





Selamat mencoba





Foto Produk Bawang Goreng by Mamah Eva



Bismillah



Bismillah




Alhamdulillah ini hasil karya saya motret di th lalu untuk sahabat baikku bu Eva Samya. Ku masih ingat motret foto ini secepat kilat kurang lebih  10 menit, alhamdulillah hasil fotonyanya ga mengecewakan, maklum saat itu produknya akan dikirim ke pemesan hehe...
Semoga uker uker/ bawang goreng bumbunya laris manis ya bu....












Foto Produk Cheese Stik by Ademeylani


Bismillah





Alhamdulillah  foto produk sekalian belajar, kali ini produknya mba ade, yang tadi pagi aq mampir kerumahnya ambil pesanan cistikku ...masyaAllah enak banget en ngeju sekali plus renyah.
Foto ini kupersembahkan untuk mba Ademelyani smoga tambah lariz manis ya..











Sabtu, 03 Januari 2015

Ayam Cubit





Bismillah

Alhamdulillah percobaan membuat ayam cubit atau ayam ala kfc boleh dibilang berhasil membuat kulit ayamnya kriwil.
Saya pakai resep kulit nya secara mengarang indah..dan saya ga pede untuk menulis resepnya masih maklum dalam tahap belajar.
Karena pada saat pembuatan ayamnya dicubit cubit untuk menghasilkan kriwilnya maka aq sebut ini ayam cubit...hihi
Yang pasti saat ayam digoreng harus dengan minyak banyak, aq pake panci untuk menggorengnya...haha  biar kerendem semua ayamnya...:D


Dan saat makan sore hari...respon anak2 suka, alhamdulillah, apapun yang dimasak mamahnya mereka ga rewel, bahkan aisy minta nambah lagi....hihi





Alhamdulillah...ini ceritaku apa ceritamu....?














Es Kweni




Bismillah

Mumpung musim buah kweni dengan harga yang bersahabat, bikin lagi es loli kweni...
hmm harumnya itu lho ga nahan untuk ngelirik buaahh yang satu ini,..
dan sudah terbayang rasanya yang manis asem dan seger...
 Anak2 diberdayakan untuk membuat es kweni, mudah dan pastinya ga nahan dengan harumnya buah kweni...hehe

Caranya seperti membuat jus buah biasa, campur dengan gula pasir , beri air lalu blender deh
lalu masukan plastik es, ikat rapat dan masukan frezeer. Setelah beku siap dinikmati.




kalo udah sekali coba ga cukup satu....mau lagi dan lagiii....







Buah kweni mirip buah mangga, bagian kulitnya keras, dan harum baunya menambah selera untuk dicicipi. Tekstur buah kweni itu bagian atasnya halus, tapi jika diiris lebih dalam buahnya berserat seperti dibawah ini
*iseng ^_^












Selamat mencoba.....









Jumat, 02 Januari 2015

Ciri Ragi Instan Siap Pakai Yang Berkualitas Baik




Bismillah

Hanya ingin berbagi pengetahuan tentang ragi instan yang biasa ku pakai.
Kemarin saat saya membuat roti pizza dengan tehnik, raginya dicampur air hangat
ternyata beda merk beda penampakan
Foto diatas nampak sekali berbuih penuh, tapi berbeda dengan merk satunya lagi*ga mau kasih merk
Saat ragi itu mengembang mengeluarkan suara mendesis dan mengeluarkan gelembung gelembung udara saja

Nah itu tandanya raginya'hidup dan bisa bekerja secara sempurna insyaAllah
moga info ini bermanfaat ya...




Donat Bunder Tanpa Telur



Bismillah

Anak2 masih seseruan bikin pizza ,mau bikin lagi dan lagi,,,walau dengan topping seadanya tapi mereka suka.Mungkin mereka bangga ya bisa bikin sendiri.
 Padahal diriku saja √≥gah kalo uleni adonan pizza/roti krn lumayan pegel..eh ini 3 anakku malah berebut mau ngulen bahkan mau adonan 1 kg sendiri...jiaaahh anak anakkuuu....
Sampe malem jam 10 masih seseruan dgn dough pizza, akhirnya aq ga nahan kantuk, sisa adonan aq masukin kulkas.

Keesokan paginya aq buat aja donat isi pisang yg aq bulet buletin, yg penting adonan habis.
Lumayan enak siy , walau tanpa telur.Tetep empuk. Resepnya kupakai resep pizza dr majalah sedap.
Resepnya disini
http://dapureummuaisy.blogspot.com/2014/12/pizza-jagung.html