Kamis, 24 Oktober 2013

Thimpan Pisang


Alhamdulillah hari kemarin saya sempatkan untuk membuat kue thimpan. Kebetulan di sekolah Aisy diadakan market day guna memeriahkan tradisional festival Aceh.Dan thimpan ini salah satu sajian market day dr kelas SD 2.
Pertama kali merasakan thimpan saat saya berkunjung dirumah kawan lama yaitu mom Cut.Lalu saya coba tanya resep ke mom cut tapi ga ada takaran tepatnya,dari pada binun lalu saya cari resepnya di google, nah ketemu dengan resepnya mba hesti saifudin. Tapi saya masih tetep penasaran, coba pula liat fb nya Kak Nani Saptina ada resep thimpan dan cara pembuatannya hingga penyajiannya.
 Akhirnya saya coba membuat dari inspirasi mba hesti dan kak nani. maka jadilah thimpan pisang, rasa thimpan sangat familiar, lembut kenyal, dan yg menarik adalah isiannya rasanya gurih dan manis.  ternyata  anak2 dan suami suka sekali.
Dan ini dia resepnya....


Thimpan Pisang
Resep asli Hesti Syaifudin
Modifikasi : dapureummuaisy

Bahan kulit
500 gram tepung ketan
4 sdm gula pasir
500 gram pisang muli
1/4 sdt garam
2 bh santan kara kecil
500 ml air
daun pisang muda

Bahan Srikaya
3 bh butir telur kocok lepas
1/4 sdt garam
2 sdm gula pasir
1 sachet SKM sachet
100 gram terigu
1 gelas air

Cara Membuat
Kulit :
pisang dihaluskan dengan chopper, setelah halus campur dengan tepung ketan ,gulpas,garam,air, aduk hingga merata tidak menggerindil.Lalu panaskan di atas kompor dengan api kecil, aduk aduk hinga kental dan meletup letup.matikan kompor. tunggu hingga dingin.Sisihkan
Isi :
campur semua bahan aduk hingga merata dan tidakmenggerindil, lalu panaskan diatas kompor dengan api kecil. aduk hingg meletup letup dan mengental. matikan kompor sisihkan hingga dingin

Penyelesaian
siapkan daun pisang ,olesi dengan minyak, ambil adonan sebesar bola pimpong atau sesuai selera pipihkan, ambil adonan isi taruh diatas adonan kulit, lalu gulung  dan lipat kedua sisinya.kerjakan hingga selesai.
Panaskan dandang , kukus thimpan kurleb 30 menit. setelah matang angkat sajikan








Tidak ada komentar:

Posting Komentar