Minggu, 06 Oktober 2013

CARA MEMBUAT KRUPUK MIE BROKOLI

Bismillah
Alhamdulillah akhirnya saya  ikut berpartisipasi dalam rangka Lomba di Grup DSI olahan Aneka Pasta. Kali ini saya menampilkan kreasi Krupuk Mie Brokoli. Belakangan ini saya memang sedang ‘ketagihan membuat krupuk homemade yang terinspirasi dari grup DSI juga , mengapa ? ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, mudah , lebih sehat dan terjamin kebersihan dan kualitasnya.

Berawal  membuat krupuk dengan bahan dasar nasi sisa di magic com, terpikir olehku pasti bisa membuat krupuk dengan bahan dasar pasta, nah kucoba deh.., kebetulan bahan2 penunjang lainnya memang tersedia di dalam kulkas, yang memang belum sempat kuolah. Kebetulan juga ada udang kupas, yang akhirnya kuberi sebagai bahan tambahan agar rasa lebih enak.Brokoli kutambahkan sebagai pewarna hijau, ternyata warnanya kurang jreng alias saat digoreng warnaa hijau itu tidak nampak mungkin brokolinya kurang banyak . Ya sudah tidaka mengapa, yang penting rasanya sesuai dengan selera keluargaku.
Menurut anakku rasa krupuknya enak dan cocok sebagai tambahan untuk lontong sayur.huwaaa senang rasanya saat anak2 mencoba dan habis sesaat setelah digoreng.
Kita langsung ke resep nya saja ya..

KRUPUK MIE BROKOLI
Ala Dapureummuaisy

Bahan :
1 bungkus mie siap diolah seduh dan tiriskan ( berat menjadi 459 gram)
900 gram tepung tapioka
1 butir telur kocok lepas
65 gram udang kupas yang sudah direbus
80 gram brokoli (tanpa batang) potong-potong lalu rebus sebentar sisihkan
12 bh bawang putih goreng
3 sdm minyak bawang putih
Air untuk merebus
2 sdm garam
2 gelas air hangat
2 sdm minyak goreng

Cara Membuat:

1.       blender brokoli dan bawang putih hingga halus, lalu masukan ,minyak bawang putih ,mie dan 2 gelas air ,blender hingga menjadi bubur.
2.      Siapkan wadah besar tuang bubur mie brokoli lalu campur dengan tepung tapioka sedikit demi sedikit hingga tercampur rata, masukan telur, uleni hingga kalis dan mudah dibentuk.
3.      Bentuk sesuai selera atau bentuk lonjong mirip pempek lenjer,lakukan hingga habis.sisihkan
4.      Siapkan wajan besar tuang 2 liter air, beri 2 sdm minyak goring rebus hingga mendidih.masukan adonan yg telah dibentuk pempek lenjer.Rebus hingga mengapung dan benar2 matang kurang lebih 20 menit.
5.      Setelah matang masukan kedalam air dingin, lalu angkat dan tata dalam wadah masukan ke dalam kulkas kurleb 3 jam hingga dingin dan keras permukaannya.
6.      Siapkan papan ,pisau tajam, dan 1 gelas air. Ambil 1 adonan dn iris tipis2. Jik pisau sudah lengket masukan ke dalam 1 gelas air, lap hingga kering lalu lanjutkan mengiris kembali ,lakukan hingga habis.
7.      Tata adonan yang sudah diiris tadi diwadah yang datar, jemur dibawah sinar matahari. Jika cuaca sangat panas kurleb 1 hari sudah kering. Tetapi jika cuaca tidakmendukung bias dimasukan ke dalam kulkas ( kurleb 3 s/d 5 hari proses pengeringannya didlam kulkas)
8.      Jika sudah kering. Goreng didalam minyak panas dengan api sedang hingga mengembang angkat dan sajikan
9.      Selamat mencoba…



dibawah ini cara membuatnya ya...

1.  blender brokoli dan bawang putih hingga halus, lalu masukan ,minyak bawang putih ,mie dan 2 gelas air ,blender hingga menjadi bubur.





2. Siapkan wadah besar tuang bubur mie brokoli lalu campuyr dengan tepung tapioka sedikit demi sedikit hingga tercampur rata, masukan telur, uleni hingga kalis dan mudah dibentuk.















 Siapkan wajan besar tuang 2 liter air, beri 2 sdm minyak goring rebus hingga mendidih.masukan adonan yg telah dibentuk pempek lenjer.Rebus hingga mengapung dan benar2 matang kurang lebih 20 menit.




 Setelah matang masukan kedalam air dingin, lalu angkat dan tata dalam wadah masukan ke dalam kulkas kurleb 3 jam hingga dingin dan keras permukaannya





jika ingin adonan ini digoreng untuk menjadi pempek juga bisa...dan tyt rasanya enak...rasa udang!





Mari kita lanjuut ke pembuatan krupuk...hehe

Siapkan papan ,pisau tajam, dan 1 gelas air. Ambil 1 adonan dn iris tipis2. Jik pisau sudah lengket masukan ke dalam 1 gelas air, lap hingga kering lalu lanjutkan mengiris kembali ,lakukan hingga habis.







  Tata adonan yang sudah diiris tadi diwadah yang datar, jemur dibawah sinar matahari. Jika cuaca sangat panas kurleb 1 hari sudah kering. Tetapi jika cuaca tidak mendukng bisaimasukan ke dalam kulkas ( kurleb 3 s/d 5 hari proses pengeringannya didlam kulkas




         Jika sudah kering. Goreng didalam minyak panas dengan api sedang. Angkat dan siap disajikan
9.      Selamat mencoba…








     Done....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar