Selasa, 05 Juni 2012

Chiffon Tape



Belajar membuat chiffon
Resep chiffon tape ini dr mba Rina Audie,,, empuk sekali....coba deh...:)

CHIFFON TAPE

Bahan: 
3 butir putih telur 
1/2 sdt garam 
100 gr gula halus 
125 gr tape singkong, buang seratnya dan haluskan dengan garpu 
100 gr tepung terigu serbaguna 
1/2 sdt soda kue 
1/2 baking powder 
2 sdm gula halus 
3 butir kuning telur. 
100 ml susu cair 
75 ml minyak goreng. 
75 gr keju cheddar, potong dadu kecil kecil, taburi dengan 1 sdm terigu sampai 
tersalut rata.

 Cara membuat: 1. Panaskan oven dengan suhu 160 derajat C. Siapkan loyang chiffon bongkar pasang, diameter bawah 17cm, diameter atas 22cm dan tinggi 10cm. Biarkan kering, jangan dioles apapun. Masukkan ke dalam oven agar panas, sehingga sambungannya memuai.

 2. Ayak terigu, soda kue dan bak powder sampai rata, sisihkan. Campur susu cair dan minyak, sisihkan.
3. Kocok putih telur dan garam sampai berbuih, masukkan gula halus dalam 3 tahap sambil dimixer sampai kaku dan mengkilat. Sisihkan
 4. Dalam wadah yang lain campur ayakan terigu, tape singkong, gula halus dan kuning telur. Tuangi dengan campuran susu + minyak, sambil dikocok dengan speed rendah sampai rata saja.

 
5. Tuang kocokan putih telur kedalam adonan terigu dalam 3 tahap, sambil diaduk dengan spatula sampai rata. Masukkan potongan keju, aduk rata. 
6. 
Keluarkan loyang dari oven. Tuang adonan ke dalam loyang panas.Panggang selama 1 jam. Naikkan suhu oven menjadi 180 derajat C, lanjutkanmemanggang selama 15 menit sampai permukaan kue jadi kering. Sentuh dengan jari, bila membal, kue sudah matang. 
7. 
Keluarkan dari oven, dan segera tangkupkan / balikkan loyang sampai kue menjadi benar benar dingin. Kikis bagian sisi loyang menggunakan pisau tipis dan tajam. Begitu juga bag tengah kue.

 
Keluarkan dari loyang dan potong potong, sajikan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar