Senin, 01 Juni 2015

Dibalik layar pemotretan Foto Produk


Lama sudah saya ga sharing di blog, rasanya sulit membagi waktu bbrp hari ini.Tapi kali ini wajib saya sempatkan utk berbagi ke teman teman semua ,siapa tau nanti bisa bermanfaat.

Sharing saya kali ini ttg behind the scene atau dibalik layar pemotretan foto produk.
Alhamdulillah saya yang awalnya hobi photography akhirnya menekuni bidang ini sebagai pengisi waktu luang.
Walau saya masih dibilang pemula dan amatir,alhamdulillah bbrp teman mempercayakan produknya utk saya potret.

Dan klien saya dr label Shafeeya Hijab, hampir 2 mgg sekali saya foto produknya, dari situlah saya mempunyai pengalaman, bagaimana mengatur waktu dan rasanya 'lelahnya memotret. Kalaupun saya jabarkan panjang sekali....hehe
Bersyukur saya jadi mempunyai pengalaman tsb. Dan rasanya ingin sekali mempunyai asisten utk saya kerja saat memotret...hehe gaya yah :D
Boleh dong ya gaya dikit , karena saat memotret baju di outdoor sangat membutuhkan asisten....ga percaya? liat deh kalo lagi ada pemotretan...hehe
Jangan dikira ga cape ,capek bangets :D

Balik lagi ya...ttg BTS. BTS bisa dibilang kalo di dunia kuliner itu resep, sejenis contekan  hehe.Bagi saya berbagi itu indah, dan senang jika ada yg bisa menginspirasi dr contekan BTS saya.
so ini catatan saya di grup fb Ummahat Cerdas Berbisnis/UCB

Di Balik Layar Pemotretan Foto Produk

Lokasi pemotretan :teras rumah
Alas foto : Kertas putih uk A3 4 lembar
Reflektor : memakiai 2 bh sterofoam 
Posisi Pengambilan gambar : dari atas membelakangi reflektor
Tips Memotret sesuai pengalaman saya :
1.Gunakan selalu alas untuk memotret produk, jika harus dilantai,usahakan jangan sampai terlihat lantainya.Gunakan alas dari kain hitam/putih maupun bercorak, kertas kado /backdrop.Atau papan kayu yang ada dirumah.Maksimalkan props yg ada dirumah tanpa perlu membeli.
2.Memotret membutuhkan cahaya yang cukup, langit cerah, baik di indoor maupun outdoor
3. Tempat memotret di indoor , bisa di teras rumah, dekat jendela yg terbuka, di dekat pintu terbuka.

Waktu Memotret sesuai pengalman saya ,dengan menggunkan cahaya alami:
1. indoor : jam 8 s/d 11.30 , jam 2 s/d 5.30
2.outdoor:jam 8 s/d 10 , jam 4 s/d 5.30

*Pemotretan outdoor ,contoh memotret baju perlu diperhatikn cuaca yang baik, dan hembusan angin yang kadang tanpa bisa diprediksi.

* Sterofoam berguna sebagai reflektor,untuk memantulkan cahaya pada objek, gunakanlah sterofoam yang berwarna putih.

*Memotret mukena/baju yang coraknya kecil cenderung soft, gunakan background yang berwarna hitam, bisa menggunakan kain biasa ataupun kertas karton warna hitam. Contoh sudah ada di kolom komentar.

* Maksimalkan kamera yang kita punya,pelajari seluk beluk kamera kita. Foto yang dihasilkan bagus tidak harus menggunakan kamera DSLR. Dengan kamera saku maupun hape pun bisa yang penting pencahayaan, waktu dan tempat pada saat memotret.

Demikian rinkasan dibalik layar pemotretan foto produk, mohon maaf jika ada yang kurang berkenan, harap maklum karena saya pun masih banyak belajar dalam dunia fotography.
semoga bermanfaat smile emotikon




Dan hasil foto yang diatas seperti ini



dan dibawah ini contoh pemotretan sederhana ala saya
yg kiri saat dipotret yang kanan sudah diedit



Bagaimana? mudahkan.. ok nanti saya akan bagi ttg BTS food photography ditunggu ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar