Jumat, 25 Juli 2014

Wedang Secang





Bismillah....


Secang atau sepang (Caesalpinia sappan L.) adalah pohon anggota suku polong-polongan (Fabaceae) yang dimanfaatkan pepagan(kulit kayu) dan kayunya sebagai komoditi perdagangan rempah-rempah.
Tumbuhan ini berasal dari Asia Tenggara maritim (Nusantara) dan mudah ditemukan di IndonesiaKulit kayunya dimanfaatkan orang sebagai bahan pengobatanpewarna, dan minuman penyegar. Hingga abad ke-17 kulit kayunya menjadi bagian perdagangan rempah-rempah dari Siam dan Nusantara ke berbagai tempat di dunia. Ia dikenal dengan berbagai nama, seperti seupeueng (Aceh), sepang(Gayo), sopang (Toba), lacang (Minangkabau), secang (Sunda), secang (Jawa), secang (Madura), sepang (Sasak), supa (Bima), sepel(Timor), hape (Sawu), hong (Alor), sepe (Roti), sema (Manado), dolo (Bare), sapang (Makasar), sepang (Bugis), sepen (Halmahera selatan), savala (Halmahera Utara), sungiang (Ternate), roro (Tidore), sappanwood (Inggris), dan suou (Jepang).
Kerabat dekatnya yang berasal dari Amerika Selatan, kayu brazil atau brezel (C. echinata), juga dimanfaatkan untuk hal yang sama.
 http://id.wikipedia.org/wiki/Secang

Diatas adalah sekelumit keterangan tentang secang...

Nah kali ini saya akan berbagi ide mengolah secang. Seperti pada gambar diatas ..penampakan secang adalah berupa  kulit kayu...masuk kategori rempah.
Secang dapat diolah menjadi minuman hangat maupun minuman dingin....yang saya buat ini dapat disajikan hangat mudah dalm pengolahannya...tapi jika mau disajikan dingin...tinggal tambahkan es batu saja...mudahkan.... :)

Wedang Secang

Bahan :
secang ambil secukupnya
gula pasir secukupnya
air

Cara Membuatnya :
1. Rebus air dan secang hingga mendidih
2. masukan  gula pasir aduk hingga gula larut
3. siap disajikan.



Smoga menginspirasi..







Tidak ada komentar:

Posting Komentar