Kamis, 08 Maret 2012

Ikan terbang


Bismillah

Alhamdulillah hari ini Senin 27 Februari 2012, kami Admin Grup Dapur Aisyah kembali bisa memberikan sebuah TANTANGAN untuk semua Aisyah ( member ) Grup dapur Aisyah.

Untuk Kegiatan Tantangan kali ini memang agak maju sedikit dari bulan berangkutan,tapi ini tidak menjadi masalah, karena memang kegiatan tantangan DA diadakan per 2 minggu. Demikian juga untuk bulan April, akan maju 1 minggu, baru pada bulan Mei, jadwal nya akan kembali normal. Insya Allah

Untuk Tantangan bulan Maret 2012 ini kita mengangkat tema Ikan Terbang

Deskripsi:
Ikan terbang adalah salah satu cara penyajian unik untuk olahan ikan, dimana ikan di bentuk sedemikian rupa, sehingga terlihat seperti mempunyai 2 sayap yang mengembang dan kemudian digoreng. Hasil akhirnya,ikan tadi tampak seperti sedang terbang.
Biasanya sajian ikan terbang ini dapat kita temukan di berbagai rumah makan. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan Gurame. Tapi tidak menutup kemungkinan ikan jenis lain juga bisa di tampilkan sebagai ikan terbang .

 Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bentuk ikan yang seperti terbang ini,yaitu :

  1. Setelah ikan dibersihkan , belah daging ikan gurame mulai dari ekor kearah kepala ikan, tapi jangan sampai kebatas kepala ikan,sisakan sedikit, lakukan di kedua sisi badan ikan. 
  2. Kemudian tekuk ( bisa ke arah atas atau bawah atau digulung , terserah saja ) dan tusuk dengan tusuk gigi agar bisa membentuk sayap.
  3. Untuk membentuk bagian ekor ikan agar tampak membengkok bisa dengan mengikatnya menggunakan benang kasur. Bila tidak menungkinkan, boleh saja tahap ini di tinggalkan. Prinsipnya asal kedua sayap bisa terbentuk,ikan ini sudah bisa dikatakan sebagai ikan terbang.
  4. Kemudian bumbui ikan. Diamkan beberapa saat agar bumbu meresap.
  5. Berikutnya taburi ikan dengan tepung, kemudian goreng dengan metode Deef Frying,yakni menggunakan minyak yang banyak, sehingga badan ikan bisa terendam dalam minyak. Saat menggoreng badan ikan dipegangi menggunakan capit/jepit dan sutil. Atau menggunakan cara berikut ( sumber : http://www.pawonomah.tk/2011/08/gurame-terbang.html ) : Ikan gurame tercelup 3/4 bagian. Goreng bergantian bagian sisi-sisinya hingga kuning kecoklatan. Sebelum diangkat (kondisi gurame masih lentur), bentuk sekali lagi bagian samping-sampingnya dengan bantuan ke dua alat tadi.

Yang harus diperhatikan dalam membuat Ikan Terbang ini adalah :
  • Ikan yang digunakan adalah ikan yang segar.
  • Berbadan pipih, dengan daging yang tidak terlalu tebal.
  • Menggunakan pisau yang tipii dan tajam, agar lebih mudah saat membelah badan ikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar